Selasa, 05 November 2013

Memaknai Ulang Sikap Anak

Memaknai Ulang Sikap Anak
Oleh

NAZILA berpose bareng Yayah HILDAN

Assalamu alaikum para pembaca yang Budiman …

Seperti biasanya si kecil NAZILA ikut jamaah sholat maghrib di rumah. Sekarang dia sudah bisa beberapa bacaan sholat, sehingga dia tidak mau kalah dengan ayahnya. Suaranya bisa jadi lebih keras dibandingkan suara saya ketika meng-imam-I sholat. Bacaannya juga tidak mau didahului oleh bacaan saya. Malah barusan bacaannya ada yang lupa lalu dia terdiam sambil marah, karena yang terdengar hanya suara saya. Hampir setiap sholat berjamaah dia selalu bertindak demikian. Bundanya sering dibuat gemes dengan tingkah polahnya yang teguh dan tidak mau kalah.

Ya itu lah putri kami yang 90%++ sifatnya mirip bundanya. Jadinya ada 2 super girl di rumah…hehehe. Pada mulanya kami agak jengkel dengan tingkah lakukan yang selalu bergerak dan berputar-putar saat sholat berjamaah. Beberapa kali kami menegurnya dan mengajaknya berdiskusi :
“Kakak kalau sholat yang “anteng” (tenang) ya. Ikuti yayah” pinta kami.
“Iya Yah, kakak minta maaf. Kan kakak sudah TK, kakak pasti anteng” balasnya.

Namun ketika sholat berjamaah lagi seolah bibir mungilnya tidak bisa di-STOP dan selalu saja “nggremeng” (bergumam). Entah itu membaca doa atau seolah berdialog dengan teman imajinasinya. Belum lagi tubuh imutnya yang bergerak-gerak, menjatuhkan diri ke sajadah bahkan meloncat-loncat kecil. Ahh…pusing sekali dibuatnya. Sempat beberapa kali kami menegur dengan tegas.


Memahami Build In Software

Sejak kami belajar lebih dalam tentang pengetahuan mendidik anak (parenting knowledge) ,kami mulai lebih seksama mempelajari makna dari sikap si kecil. Tentunya Tuhan tidak menciptakan perilaku tersebut tanpa rencana besar. Kami juga menghubungkan dengan perilakunya sehari-hari, baik ketika di sekolah, bergaul dengan saudara bahkan berkomunikasi dengan karyawan kami. Wow…ternyata eh ternyata kami menemukan “sinyal-sinyal” yang luar biasa tentang potensi si kecil.

Uniknya lagi sinyal tersebut adalah software bawaan lahir yang berbeda dengan teman-teman sebayanya. Apa saja sinyal yang coba kami tangkap dari perilaku energik si kecil :

Banyak tingkah
Bermakna : Yah…aku ini anak yang aktif. Beri aku pekerjaan maka akan aku kerjakan segera. Beri aku tantangan yang lebih sulit karena aku sangat bersemangat. Tapi jangan biarkan aku diam menganggur, karena aku mudah bosan Yah.

Suka menagih janji, jika sudah janji kepada si kecil maka jangan harap dia akan melupakan. Dia akan memaksa siapa pun untuk memenuhi janjinya.
Bermakna : Bunda…aku suka orang yang menepati janji. Aku tidak suka berbohong. Jika bisa menepati maka silahkan berjanji pada ku. Jika tidak bisa menepati lebih baik diam.

Suka memaksa untuk dituruti
Bermakna : Aku adalah anak yang memegang prinsip. Jika aku benar maka aku akan mempertahankannya dan jika salah orang lain harus memberiku penjelasan yang masuk akal agar aku berubah pikiran. Aku gigih dan tidak tergoyahkan.

Suka mengatur
Bermakna : Aku berjiwa pemimpin. Aku terbiasa melakukan hal-hal sulit dan aku yang paling depan. Aku bisa mengatur kelompokku dan aku bertanggung jawab atasnya.

Tidak suka dibantu, bahkan mandi dan wudhu pun kami harus mengawasi dari luar kamar mandi.
Bermakna : Aku anak mandiri. Semua bisa aku lakukan sendiri. Ayah dan bunda tidak perlu khawatir, karena aku sudah bisa. Membantuku hanya akan menghilangkan kesempatanku untuk belajar dan akan membuatku lemah.

Banyak bicara, bahkan sangat…sangat cerewet ^_^
Bermakna : Aku pembicara handal. Semua isi pikiran ku bisa aku keluarkan sekarang juga. Aku orang yang terbuka dan suka berdialog. Ajak aku berbicara, maka akan aku banjiri dengan ide-ide brilian ku.

Suka mencari perhatian
Bermakna : Aku bisa banyak hal dan aku orang yang percaya diri. Aku tidak perlu membanting piring atau memukul adik kecil hanya untuk mencari perhatian orang lain. Aku hanya perlu bernyanyi, membaca doa, dan menari…maka semua orang akan memperhatikan ku. Aku adalah PRINCESS di negeri dongeng.

Bertanya tanpa henti, kami terkadang sampai pusing mencari jawabannya, misalnya : “Yah apa ALLOH punya laptop???”
Bermakna : Aku ingin tahu lebih banyak karena aku ingin menjadi anak yang hebat. Aku baru tahu hal ini Yah, ayo tolong jelaskan. Ayah Bunda adalah sumber pengetahuanku, jika tidak bertanya kepada kalian…lalu kepada siapa lagi ???

Fuuhhhhh….cukup dulu ya. Capek juga mengingat tingkah lakunya sehari-hari. Yang pasti jika dahulu kami sering jengkel dibuatnya, sekarang kami memilih untuk berdiam sejenak dan membuka pikiran kami tentang :

“Makna apa ya dibalik tingkah laku si kecil hari ini???”

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca. Yuk…terus belajar bersama si kecil. Salam sayang untuk keluarga Anda di rumah ^_^
Wassalamu alaikum...

Salam Keluarga Indonesia,



HILDAN FATHONI
CP : 081 2525 4782




Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan KOMENTAR :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...