Minggu, 09 Juni 2013

Mencari Ide Bisnis Online di MALL


Hari ini benar-benar full refreshing. Pagi hari jalan-jalan di area Car Free Day Jalan Ijen, dilanjut sarapan di warung belakang Kampus UM lalu cari buah segar di MATOS (Malang Town Square). Sekalian melihat indahnya lampion di pameran perumahan yang sedang digelar di MATOS.

Kurang sreg jika belum mengunjungi. Hypermart yang ada di Matos, hari ini lumayan ramai karena memang hari minggu. Dari rak ke rak kami sambangi sambil mengambil beberapa buah segar dan mentega. Sampai pada jajaran perlengkapan rumah tangga, kami melihat-lihat tumpukan bantal, guling, handuk dan berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Sambil mengobrol santai bareng istri, kami memegang sebuah benda yang sangat sepele. Biasanya terletak di dapur, harganya murah dan bahannya kurang bagus. Tetapi di Hypermart ini benar-benar beda. Barangnya LEBIH MAHAL 10 kali lipat, bahannya jauh lebih bagus dan setelah dipelajari segmen pelanggannya kelas menengah. Konon katanya KELAS MENENGAH di Indonesia sedang tumbuh dengan pesat.

MIND TRICK
Jika kelas menengah tumbuh pesat, maka bukan barang-barang murahan yang mereka cari. Melainkan barang-barang dengan fungsi sama tetapi dengan BRAND IMAGE dan HARGA yang PREMIUM. Jika Anda sudah agak lama belajar bisnis, Anda akan tahu semua ini hanya tentang MIND TRICK saya, alias permainan pikiran…permainan persepsi.

Apa itu MIND TRICK ??? Anda tentu pernah menyaksikan bahwa sayuran yang dijual di pasar tradisional lebih murah dari sayuran yang dijual di Mall. Hal tersebut bukan hanya berkaitan dengan biaya sewa yang lebih mahal, namun juga berkaitan dengan :
Siapa pembeli barang tersebut (pebisnis, pejabat, orang biasa)???
Berapa uang yang bisa dibelanjakan pembeli di tempat tersebut ???
Status sosial apa yang ingin dicapai pembeli ???

Tentu golongan kelas menengah mampu membelanjakan uang lebih banyak dari golongan kelas bawah, oleh karena itu mereka lebih memilih barang yang kualitasnya lebih bagus walaupun dengan harga lebih tinggi. Kondisi ini memberikan celah kepada para pebisnis untuk memproduksi atau menjual barang dengan kualitas sama seperti yang ada di pasaran, tentunya dengan KEMASAN yang menjual, BRAND IMAGE yang kuat dan HARGA lebih tinggi. Artinya dengan biaya produksi yang sama mendapat LABA lebih BANYAK.

COPAS
Kembali ke acara jalan-jalan kami ke Hypermart. Di pusat perbelanjaan tersebut kami menemukan IDE USAHA yang SEPELE. Mengapa sepele? Ya…karena tinggal di COPAS (copy paste) mulai dari bahan dan desain persis seperti produk yang dijual di MALL, kemudian diberi label. Selanjutnya mekanisme Internet Marketing kami jalankan seperti pada produk-produk kami yang lain ( Lampion dan Sepatu Safety ).

Di tempat tersebut ada ribuan jenis produk, mulai dari makanan, minuman hingga perlengkapan rumah tangga. Ada berbagai SUPPLIER yang tertera jelas pada label produk. Anda pun bisa dengan mudah menghubungi para pemasoknya dan menawarkan kerjasama pemasaran produk. Bahkan Anda sendiri bisa meng-COPAS dan memproduksinya sendiri.

“Tidak perlu memulai dari NOL, jika langkah ke-100 bisa Anda temui di MALL”

Begitu kira-kira ungkapan yang bisa menggambarkan ribuan ide usaha yang berserakan di MALL. So…jangan hanya jalan-jalan dan menghabiskan uang di MALL. “RAMPOK” lah ide usahanya juga. Eh…SUPPLIER nya juga boleh Anda “RAMPOK” kok.

Salam Smangat…



HILDAN FATHONI

Reaksi:

1 komentar:

  1. mantap sekali ide yang sangat cermalang. mungkin saya harus banyak belajar dari blog anda ini, salam kenal.

    BalasHapus

Silahkan memberikan KOMENTAR :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...