Minggu, 09 Juni 2013

Bisnis Model B2B





Apa itu bisnis model B2B?
B2B = Business to Business. Artinya pelanggan/pembeli produk2 kita adalah perusahaan. Jadi kita sbg perusahaan (business person/institution) jualan ke klien yg juga perusahaan (business institution).

Peluang :
a. Pembelian grosiran dalam jumlah banyak.
b. Keuntungan banyak dalam 1x transaksi.
c. Peluang repeat order/ pesan lagi, sangat besar.
d. Kalau produk dan service kita PRIMA, berpeluang direkomendasikan ke pabrik lain / rekanan klien kita.
e. Semakin banyak klien, kita akan semakin dipercaya dan kita bisa membangun reputasi jangka panjang. Baik utk bisnis yang sekarang maupun bisnis baru di masa depan.

Tantangan :
a. Krn beli borongan, biasanya keuntungan per buah minim. Kita harus pandai menetapkan harga produk dan harga penawaran/besaran DISKON.
b. Butuh kesabaran EXTRA. Krn proses pengadaan terkadang butuh waktu berbulan-bulan dan belum tentu deal.
c. Butuh keahlian komunikasi by phone. Karena website, email dan promo online saja tidak cukup. Pihak perusahaan/calon klien biasanya sangat teliti dan sangat berhati-hati dalam memilih supplier. Shg kemampuan komunikasi scr verbal/lisan bisa mengurangi keragu-raguan.
d. Harus memberikan informasi selengkap-lengkap, jelas dan detail. Terutama jika kesepakatan akan dituangkan dalam PO (purchase order/order pembelian), invoice/surat tagihan pembayaran atau perjanjian tertulis lainnya. Terutama PPN 10%, resiko perubahan harga, kemampuan produksi dan pengiriman barang. Ketidaktelitian akan berakibat KERUGIAN dalam nominal yang besar.
e. Kalau pelayanan kita kurang baik, maka nama baik kita akan tercoreng dan menyebar ke perusahaan2 rekanan klien kita.

Dari semua faktor di atas, menurut saya FAKTOR KESABARAN adalah yang PALING UTAMA. Karena ketelitian dan pelayanan kita didasari faktor kesabaran tsb. Saya pernah "mengejar" project di salah satu perusahaan multinasional. Project tersebut hampir deal dgn nilai yg lumayan besar, hal tersebut saya jalani hampir selama 12 bulan. Dan setelah mendekati detik2 TRANSAKSI.......ternyata PABRIK nya TUTUP...
Hehehehehe.... Nah itu salah satu ujian KESABARAN dari Gusti ALLOH.
Are U Ready Become B2B ???

Regards,
Owner www.JualSepatuSafety.com



HILDAN FATHONI





Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan KOMENTAR :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...